Diploma III

PUSAT BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN

  • Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Gunadarma adalah salah satu unit lembaga pengembangan kemahasiswaan yang didirikan dan dikembangkan oleh Program Diploma Tiga Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Gunadarma pada pertengahan Februari 2008.

    Latar belakang berdirinya unit Pusat Bisnis dan Kewirausahaan di lingkungan Universitas Gunadarma adalah untuk mengembangkan kreatifitas dan kemampuan mahasiswa dalam hal-hal diluar potensi akademik serta mengembangkan potensi jiwa kewirausahaan. Sehingga diarapkan akan menciptakan lulusan-lulusan yang mampu bersaing dalam menghadapi persaingan pasar bebas dan menciptakan berbagai bursa lapangan kerja yang pada akhirnya akan membantu program pemerintah dalam penciptaan lapangan kerja baru.

    Universitas Gunadarma sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang memiliki tugas membentuk generasi penerus yang berintelektual tinggi dan berwawasan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengharapkan keberadaan unit lembaga Pusat Bisnis dan Kewirausahaan diharapkan dapat menciptakan pribadi wirausahawan yang berintelektual tinggi dan berwawasan teknologi informasi (TIK). Dengan demikian, para wirausahawan tersebut mampu mengembangkan unit-unit usaha yang  memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat bersaing di pasar domestik maupun pasar global. 

    VISI:

    MEWUJUDKAN LEMBAGA USAHA MANDIRI YANG BERINTELEKTUAL  DAN BERWAWASAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) 

    MISI:

    1. MENJADI LEMBAGA YANG SELALU BERKARYA DAN MANDIRI.
    2. MENGEMBANGKAN DAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN AKADEMISI YANG PROFESIONAL DAN BERDEDIKASI TINGGI.
    3. MEMENCIPTAKAN DAN MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN AKADEMIK DISEKTOR PENDIDIKAN NON-FORMAL (SOFTSKILL).
    4. MENCIPTAKAN AKADEMISI YANG BERJIWA WIRAUSAHA DAN MENGUASAI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TECHNOPRENEURSHIP).
         
  • Sampai dengan 1 September 2009, Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Gunadarma, telah   berhasil mengembangkan beberapa unit usaha. Diantaranya:                                                                                                                           

    1.  Galeri Display Produk Karya Mahasiswa

    Galeri Display Produk Karya Mahasiswa merupakan sarana display berbagai produk hasil karya mahasiswa Universitas Gunadarma, sehingga dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih berkreasi dan mengembangkan potensi kemampuan "softskill" yang dimilikinya.

    Berbagai macam kebutuhan mahasiswa, dosen dan karyawan tersedia di sini, mulai dari Notebook, Aksesoris Komputer, pulsa telepon seluler, aksesoris Gunadarma, kosmetik, alat tulis, pakaian dan aneka produk lainnya.   

    2.  Industri Kreatif dan Souvenir

     Unit kerja yang menjadi sarana penunjang untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi para Civitas Akademika Universitas Gunadarma dengan belajar membuat dan mengolah produk-produk inovatif yang bernilai ekonomis dan bernilai seni,  sehingga dapat menjadi produk-produk unggulan yang bersaing.

    Unit Kerja Industri Kreatif dan Souvenir Pusat Bisnis dan Kewirausahaan dapat memproduksi sendiri beraneka macam souvenir hasil inovasi dan kreativitas Civitas Akademika Universitas Gunadarma, diantaranya mug souvenir, pin (ukuran 44 mm dan 58 mm), dan produk souvenir lainnya. Unit Kerja Industri Kreatif dan Souvenir Pusat Bisnis dan Kewirausahaan juga dapat menerima pesanan pin (ukuran 44 mm dan 58 mm), gantungan kunci, kaos sablon, tas sablon, mug digital printing, cetak photo digital, cetak kartu nama, cetak ID-Card, Cetak Sertifikat, Cetak BlockNote, Cetak Pulpen untuk seminar kit, dan lain-lain. 

    3. Industri Peternakan Ikan, Industri Peternakan Unggas dan Industri Pengolahan Kripik  Sayur

     Merupakan pengembangan unit usaha yang berawal dari penyaluran hobi/kegemaran

    4.  Program Perguliran Dana (untuk mahasiswa)

    Merupakan salah satu kegiatan Pemberian Pinjaman Modal Kerja yang diberikan kepada seluruh  mahasiswa Program Diploma III Bisnis & Kewirausahaan, dirancang untuk mendorong munculnya jiwa bisnis dan berwirausaha yang terdapat dalam diri mahasiswa dengan memanfaatkannya dalam bentuk berbagai macam usaha kecil yang kreatif dan inovatif. 

    5.  Konsultasi Bisnis

    Yang terbuka bagi para penerima Pinjaman Modal Kerja dalam bentuk Kegiatan Perguliran Dana pada khususnya, serta kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Gunadarma dan masyarakat pada umumnya, yang ingin maupun yang sedang melakukan kegiatan usaha.